cinta tapi beda

adalah film arahan hanung bramantya yg diproduksi hampir bareng habibie-ainun. filmnya  sudah tayang pertama 27 desember 2012, sudah ditonton 120rb, dan sudah ditarik dr peredaran 3 hari lalu (tempo, 8/1/13).

sejak pertama diajak main jd figuran sy sdh curiga film ini akan menuai protes. bukan saja oleh isi ceritanya yg saat casting sampai syuting hanya diberitahu garis besarnya –awalnya sy bayangkan ada semacam workshop para pemain trnyata tdk– tetapi juga nama hanung sendiri yg jika tidak membuat film tokoh besar dan novel laris maka akan membuat film ‘bergenre’ kontroversi (lih. tanda tanya, perempuan berkalung sorban, dan sedikit banyak ayat2 cinta).

cinta tp beda bertema cinta tak direstui lantaran beda agama. sebenarnya tema klasik dan biasa. menjadi lbh biasa lagi kalau ceritanya berakhir keduanya kawin lari, sakit, atau bunuh diri. hanung tidak mau ending begitu. edingnya ia serahkan ke penonton yg kurang lebih akan mudah menebaknya. kalau hanya kawin lari –ini jln keluar dramatis tp tidak mengejutkan– tidak begitu menimbulkan kontroversi krn jaman ini menentang ortu atas nama cinta sudah tidak begitu dianggap durhaka. yg jadi masalah adalah perempuan di flm itu dari padang, beragama katolik, dan — sy baru tahu dr koran– ada dialog ia menggemari rica-rica babi. padang dan katolik inilah yang memicu protes keras yang berakhir penarikan filmnya. meski hanung sudah menjelaskan bhw perempuan itu bukan dari suku padang tapi orang yang tinggal di padang, tetap saja tidak diterima krn asumsinya hanung sdh tahu sjak awal potensi kontroversi ini dan ia bs milih menghindarinya dengan misalnya berasal dr batak.

lepas dr semua kontroversi trsbut sy lega film tdk beredar. ada alasan batin yg tdk bs sy tulis krn terbatasnya kata n ungkapan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s