Makna bersyukur

Bersyukur artinya berterimakasih kepada tuhan. Allah sudah memberi begitu banyak kebaikan kepada kita. Dari tarikan nafas, denyutan nadi, hingga bentangan semesta berserak hal yang bisa disyukuri. Baru diberi kesempatan hidup saja sudah merupakan anugerah Allah swt luar biasa. Apalagi kalau dikaitkan dengan kebaikan di dalamnya.

Bersyukur bukan saja mengucapkan alhamdulillah di mulut. Tetapi lebih dari itu adalah mengikutinya dengan perbuatan baik. Mengapa demikian? Karena bersyukur adalah ekspresi iman sedang iman mensyaratkan amal soleh, perbuatan baik.

Jadi inti bersyukur akhirnya adalah ketaatan. Taat tunduk melakukan perintah-Nya menjauhi larangan-Nya. Tanpa begitu syukur kita tidak bermakna, tiada guna.

Wujud ekspresi syukur bisa ucapan bisa pemberian harta atau pertolongan kepada yang lemah bisa juga memberikan ilmu, berbagi pengalaman, dsb,  yang semua itu dikerangka demi mendapatkan ridho Allah.

Kita bungah Allah telah kasih banyak hal, kita mensyukuri dengan cara mentaati-Nya. Syukur muncul karena iman, iman menuntut bukti  amal baik kita.

Jika kita bersyukur — artinya membuktikannya dengan ketaatan– Allah berjanji akan menambah nikmat syukur itu berupa bertambahnya ketentraman dan kebikan. Sebaliknya  jika kita tidak bersykur, Allah bukan saja mengurangi kenikmatan itu, tapi bahkan mengazab kita. Nauzubillah.

Semoga Allah mengistiqomahkan hati jiwa pikiran dan tindakan kita pada ketaatan agamaNya. Amiin.

“Kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, kamu akan mendapat pahala Allah. Sungguh Allah Maha Melihat apapun yang kamu perbuat”. (al Baqoroh: 110).

Advertisements