SMS Premium utk Jamaah Masjid

Bermula dari keluhan seorang jamaah yang tidak hadir pengajian karena undangan dari takmir tidak sempat ia baca, ide sms premium untuk jamaah masjid ini muncul.

Kita ingin undangan dan informasi lain diterima secara akurat cepat dan langsung ke jamaah. Dengan sms premium yang dikirim oleh takmir selaku admin masalah ini insyaalah teratasi. Minggu lalu setelah baca al quran bersama usai subuh kita sampaikan ini. Pagi tadi takmir mulai bergerak merealisir.

Ada dua cara sms massal ini. Pertama model underweb, berdasar web, tidak perlu menyiapkan hardware dan software, cukup bikin akun dan membayar, masukkan nomor hp jamaah, beres. Praktis dan tidak ribet. Kekurangannya selain relatif mahal (Rp 165.000/1000sms. Yang nomor pengirim bisa diganti nama TAKMIR misalnya lebih mahal lagi) juga setelah kami coba, lambat datangnya. Kurang lebih 1 jam, padahal sinyal hp mentok. 

Kedua model under-application. Persis SMS pakai HP hanya saja dengan laptop. Artinya butuh software dan hardware berupa usb modem, kartu hp, dan komputer. Nampaknya kami memilih ini karena selain lebih murah biaya operasionalnya juga lebih cepat dan akurat sampainya.

Database nomor HP jamaah rencananya kita dapatkan dari daftar peronda dan pembayar listrik. Insyaalah tidak ada kesulitan.

SMS Primium ini nanti kedepan rencanya akan digunakan untuk program berikut:

1. Undangan pengajian. 2. Laporan keuangan masjid dan LAZIZ. 3. One night one ayah/hadits 4. Imam dan Khotib. 5. Tanya jawab masalah keagamaan.

Tidak menutup kemungkinan digunakan oleh RT RW dan pedukuhan untuk informasi 1. Berita kematian (dan kelahiran). 3. Undangan kenduri dan arisan. 4. Rapat warga dan kerjabakti.

Software untuk SMS Premium ada banyak. Ada pula yang sudah dihack dan dicrack (bajakan), tapi kami memutuskan akan beli (harga berkisar 200-500 ribu rupiah, usb modem gsm 250-350 ribu).

Mudah-mudahan berkah, manfaat, dan menjadi jalan mendekat Allah kita semua. Amiin ya robbal alamiiin.Gambar

 

Advertisements

One thought on “SMS Premium utk Jamaah Masjid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s